AGAMA-AGAMA DUNIA


350px-agama_di_dunia.jpg

Perkembangan Agama-agama Dunia menurut Wikipedia
Saya dapat data dari wikipedia mengenai perkembangan agama-agama utama di dunia. Gak tau juga ini data konkrit apa gak… perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini…tapi bukan itu yang penting kan :) ? Lebih penting adalah kita dapat melihat perbandingan kekuatan agama-agama dunia. (untuk informasi lain mengenai agama-agama dunia 2009 silakan klik link berikut: UPDATE AGAMA-AGAMA DUNIA 2009)

 

  1. Kekristenan 2,1 miliar
  2. Islam 1,3 miliar
  3. Non-Adherent (Sekular/Ateis /Agnosti/Tidak Ateis) 1,1 miliar
  4. Hinduisme 900 juta
  5. Agama keluarga Cina 394 juta
  6. Buddhisme 376 juta
  7. Paganisme 300 juta
  8. Tradisi Afrika dan diasporik (tanah air) 100 juta
  9. Sikhisme 23 juta
  10. Juche 19 juta
  11. Spiritisme 15 juta
  12. Yudaisme14 juta
  13. Iman Bahai 7 juta
  14. Saksi-Saksi Yehuwa 6,5 juta
  15. Jainisme 4,2 juta
  16. Shinto 4 juta
  17. Cao Dai 4 juta
  18. Zoroastrianisme 2,6 juta
  19. Tenrikyo 2 juta
  20. Neo-Paganisme 1 juta
  21. Unitarian Universalisme 800 ribu
  22. Gerakan Rastafari 600 ribu

UPDATE AGAMA-AGAMA DUNIA 2009

About these ads

118 gagasan untuk “AGAMA-AGAMA DUNIA

  1. untuk menambah derajat informasinya, menarik jika kita tampilkan data time series pak dedi? Salam kenal, adinda dari singapura :)

  2. Pak, data tentang ummat Islam di seluruh dunia itu gimana? saya bahkan pernah lihat di ensiklopedi islam tahun 90-an, bahkan jumlah ummat islam ada 1,5 milyar, sekarang ada yang bilang sudah 1,8 milyar. Oh, iya saya juga mo menceritakan sesuatu. Pernah suatu saat saya bertemu dengan penganut hindu yang taat, dia sendiri bilang, di kitab Weda yang tertua, kitabnya orang-orang hindu, ada ayat yang kurang lebih berbunyi : “suatu saat Tuhan akan mengirimkan utusan bernama Mahomed. Bahkan di kitab orang majusi pun, kedatangan Muhammad SAW juga di beritakan. Itu berarti bisa jadi agama-agama dulu itu juga agama Allah juga ya pak? thanks.

    • Masih saja ada orang yang gak pernah blajar agama orang taunya agama sendiri yang bener asal bunyi .Tuhan hindu gak pernah mengirim utusan manusia pilihan Tuhan seperti halnya agama yang laen. Tuhan sendirilah yang turun kedunia mengajarkan veda yang di sebut avatara .

      • walaupun saya menganut agama berdasarkan keturunan, tapi saya yakin seyakin-yakinnya bahwa agama yang saya anut adalah agama yang hak / syah.Agama yang diridhoi Allah. Agama yang berasal dari pencipta jagat raya. Kami umat Islam tidak berani mengubah satu huruf pun dari kitab suci Alqur’an dan Allah menjamin sampai akhir dunia.

      • udh gak usah berantem. setau saya, “agama” itu berasal dari bahasa sansekerta. “A”= tidak dan “gama”= salah.
        jadi yg namanya agama gak ada yg salah

    • Agama kristen, yahudi dan lainx memang lbih awal dtang d bumi. Untuk mengajarkan kpada umat manusia agar taat kpada Allah SWT. Lalu di critakan d kitab injil dan yg lainx bahwa akan ada nabi trakhir trun k bumi (muhammad) membawakan islam sebagai penyempurna agama sbelumx sprti kristian dan yg lain. Oleh karena itu islam dikatakan sbagai agama akhir jaman.

  3. ya data mengenai jumlah manusia di bumi ini relatif sulit dipastikan. wajar aja kan, siapa yang bisa mencatat detil pertumbuhan manusia yang tersebar di bumi yang sangat luas ini…

  4. salam..!!
    Ikutan nimbrung nih..
    Agama yang ada di dunia ini kan terbagi dua, pertama agama samawi, dan kedua agama ardhi. agama samawi maksudnya agama yang asalnya dari Allah dengan diturunkannya kitab2 kepada nabi-Nya, seperti Zabur, Injil, Alquran. Dan pada ayat yang terakhir turun (Al Maidah, ayat 3) Allah tetapkan bahwa Islam adalah agama yang telah disempurnakan dan mutakhir. Jadi gak ada lagi perkebangan dan perubahan agama. Kalo dulu2 kan Nabi diutus untuk umatnya saja. Nah sekarang Muhammad Saw. diutus untuk seluruh umat manusia. Beda lagi kalo agama ardhi. Agama ini dibentuk oleh manusia sendiri, bukan dari Tuhan. Menurut saya begitu Pak Muhammad Farid.

    • ega, saya tambahkan bahwa dalam Alqur’an Allah menyatakan bahwa agama selain Islam didasarkan pada angan-angan, prasangka, apa yang mereka ada-adakan. Bukan berdasarkan ketetapan Allah.Misalnya agama penyembah berhala sebagai simbol tuhan atau dewa, apa mereka tahu persis bahwa semua tuhan atau dewa mirip manusia.

      • mengapa kamu yakin bahwa alquran adalah ucapan Tuhan? kenapa percaya islam itu Agama? megapa muhamad menjadi rasul setelah DUDA? saya yakin seyakin yakinya bahwa alquran adalah ciptaan muhamad tdk lebih dari seseorang politikus yg rakus yg tdk tahu diri menyatakan diri utusan tuhan utk meraih kekuasaan. tapi sayangnya banyak yg buta sbg pengikutnya.

  5. Membaca tanggapan dari beberapa rekan sebelumnya, saya tambah bingung nih???
    saya juga punya tugas, tentang data – data agama di dunia
    jadi yang bener yang mana ya???
    help me please????

  6. Data tentang jml agama selalu berubah,karena setiap saat kita akan menemukan data yang baru,tetapi yang penting kita harus menyakini agama yang kita anut itu benar,dan yang dianut orang lain juga benar,karena semua berasal dari sumber yang sama yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Semoga kedamaian menyelimuti hidup kita.

  7. Tuhan memberikan aturan (agama) untuk manusia sesuai dengan keadaan dan kondisi manusia saat itu,untuk menyelamatkan hidup didunia agar nantinya jika sudah saatnya meninggal dapat kembali lagi ke Tuhan dengan sempurna (surga),tanpa melewati penderitaan(neraka).Untuk itu aturan/agama yang dianut oleh seseorang adalah sesuai dengan kondisi orang tersebut,kita tidak boleh hanya sekedar ikut-ikutan saja,karena nanti kita sendiri yang akan bertanggung jawab kepada Tuhan.Tuhan itu tidak beragama,maka agama bukanlah ukuran mausia masuk surga,tetapi kesucian hati manusia itulah yang menjadi ukurannya.Selamat menunaikan agama masing-masing dengan penuh keyakinan.Amin

    • komentar sdr.budi prabowo sesat dan menyesatkan, sesungguhnya petunjuk jalan lurus menuju surga sudah Allah berikan tinggal apakah manusia memilih jalan lurus atau jalan sesat ( ke neraka ).Syarat masuk surga : beriman, beramal saleh hingga mencapai derajad taqwa + ridho Allah. Segala yang terjadi atas kehendak Allah, atas izin Allah dan Allah penentu akhir segala urusan. Manusia tidak bisa menentukan apa-apa. Termasuk yang katanya ada manusia dapat menjamin masuk surga. Jelas mengada-ada.

      • saya stuju dengan budhi prabowo,,, ,, Tuhan tak pernah terbatas pada 1 ajaran TUhan maha kekal ,,, Tuhan menciptakan Banyak bahasa ,, buat apa Tuhan menciptakan Banyak Bahasa jika Beliau hanya boleh dipanggil dengan 1 kata saja sungguh penyempitan pengrtian tentang Tuhan,,, India menyebutnya dengan Narayana dan ajaranya sesuai dngan daya tangkap orang india ,, di Arab adisebut dengan ALLAH dan ajaranya sesuai dengan daya tangkap orang arab,,,, di Indonesia disebut Tuhan,,

    • sesungguhnya islamlah yang paling asli, dari 72 golongan kristen hanya islamlah yang selamat, dari 73 islamlah yang selamat

    • penduduk miskin, primitif sasaran empuk dan basis pengembangan kristenisasi. Karena lebih menonjolkan kenikmatan duniawi dan yang lebih menggiurkan adanya jaminan masuk surga.Islam tidak pernah menjamin masuk surga, tidak menggiurkan. Umat Islam meyakini bahwa masuk surga tidak mudah karena surga milik Allah dan atas ridho Allah. Umat Islam meyakini adanya tahapan sebelum masuk surga ; pertama dapat cobaan di dunia, lalu dapat azab kubur jika banyak dosa, diakhirat masuk neraka, dimandikan di telaga alkautsar, baru masuk surga untuk selama-lamanya / abadi.Manusia tidak bisa mengklaim secara sepihak untuk masuk surga.

  8. wuih bayak ya…., kalo di indonesia cuma 5, kalo semua agama ada do indonesia, kayaknya pemerintah bingung, tiap hari libur mulu, kagak kerja kerja tuh orang indonesia

  9. memprihatinkan juga ya pak, kondisi umat islam sekarang…kita terlalu jauh ketinggalan sama orang barat. Gimana tu pak solusi yang bisa membuat umat sekarang seperti dulu lagi, kembali dalam masa kejayaan yang berpegang tegu pada-prinsip hukum islam.MA KASIH

  10. mahu tanya ape itu agama budaya di negara kita sekarang?saya tengah pening untuk memikirkannya apa yang ada budaya kita pada masa kini?

  11. Mo sharing nich, ada baiknya juga jika kita lihat upaya kerja-sama antar agama2 dunia yg sdh diupayakan sejak 160 th lalu.Tahun 2009 ini konferensinya di Melbourne. Silakan lihat ‘web site’nya (Parliament of The World Religions)diadakan 4 tahun sekali di yg kota berbeda. Kita tunggu, sia tahu Jakarta kebagian.

  12. Mo sharing nich, ada baiknya juga jika kita lihat upaya kerja-sama antar agama2 dunia yg sdh diupayakan sejak 160 th lalu.Tahun 2009 ini konferensinya di Melbourne. Silakan lihat ‘web site’nya (Parliament of The World Religions)diadakan 4 tahun sekali di kota yang berbeda. Kita tunggu, siapa tahu Jakarta kebagian.

  13. kl saya memahami ttg penyebaran agama-agama dunia, yaitu ketika nabi Adam as di turunkan ke bumi. Tuhan YME menurunkan ajaran berupa keyakinan dan pedoman hidup untuk nabi Adam as dan keturunannya. kemudian ajaran tersebut berkembang berdasarkan pola penciptaan dan penyebaran manusia. siapapun dia dan darimana asalnya, bagaimana kitab sucinya, pasti ada ayat di dalamnya yang menyatakan kebenaran Rasulullah SAW. Amin.

    • Tambahan untuk Zulkarim Salampessy : Dari Adam sampai Muhammad Allah hanya menurunkan agama Islam. Hanya saja kitab sucinya berbeda-beda dan terakhir Alqur’an.Agama Islam sebelum Muhammad hanya untuk kaum tertentu dan masa tertentu.Islam setelah muhammad Islam semesta alam atau bersifat universal.

  14. sebagai pemeluk islam saya tidak pernah membedakan agama orang lain, karna agama sangat peka bila ada permusuhan, sebab agama adalah kepercayaan seseorang untuk menuju jalan keselamatan dan akhirat, so, not more rasis for religion, saya percaya semua orang pasti menjamin agamanya lah yang masuk surga. by fans bosnia-herzegovina

    • buat vedasastra : Agama Islam, Nasrani dan Yahudi berasal dari Allah Tuhan yang sebenarnya, pencipta jagat raya, yang berhak disembah. Allah tidak melihatkan wujudnya, tapi Allah melihatkan bukti kebesarannya melalui ciptaannya. Semua itu hanya bisa dipahami oleh orang yang berfikir.Para dewa, patung, matahari, api, pohon, roh nenek moyang dll bukanlah tuhan yang sebenarnya.Anda akhirnya akan tau setelah anda memasuki alam barzah / alam sesudah mati.

      • saya pikir pndapat sdr salman itu salah : bahwa scr tdk langsung anda menganggap sdr.vedasastra tdk menyembah Tuhan,tapi setau saya agama budha itu TETAP menyembah Tuhan.hanya saja banyak yang menyalah artikan bahwa agama budha menyembah patung dsb.dan pada akhirnya seharusnya anda akan tau jika anda itu harus mempelajari dulu sebelum berucap.

  15. AGAMA KEYAKINAN SESEORANG DNG SUMBER YG JELAS BETUL BAIK DAN BENAR DAN BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN DUNIA ACHIRAT. Contoh : bicara berpendapat dan sebelum di edarkan dan dibaca banyak orang , coba anda periksa lagi bicara pendapat anda apakah sumber dikeyakinan anda ada benar dan dapat dipertanggung jawabkan dunia dan achrat .

  16. Kwantitas Agama tidak ada artinya dengan kwalitas Agama ok bro !!Agama yang besar adalah Kwalitas ajaran itu sendiri bukan kwantitas yang di tonjol2 kan .apalagi slalu gembor2 Agama tapi ujung2nya jauh dari Agama kebenaran bukan membenarkan agama dari dogma2 buta tanpa tau mana ajaran yang masuk akal /tidak .yang benar adalah dari segi universalnya bukan mementingkan kaumnya !! hanya kaum saya yang diterima Tuhan dan masuk surga coba anda pikir agama pa ?? yang berpolitik seperti itu ??? klo bukan hasil pikiran manusia ???

    • jelas tidak masuk akal, masak patung habis dibuat lalu disembah. apa dasarnya. emangnya dewanya mirip patung yang dibuat.mungkin berdasarkan angan-angan, prasangka atau mimpi kali ye

  17. ketika kita mempertahankan agama tertentu maka di situlah dogma mempengaruhi diri kita. saya kira sah-sah saja siapapun penganut agama untuk mempertahankan agamanya sebagai agama yang terbaik, asal tidak menjustifikasi dan medeskriditkan agama lain sebagai agama yang salah, ketika berbicara mengenai agama-agama. bagi saya ketika saya memilih Islam sebagai kebenaran dengan mengakui Allah dan Muhammad sebagai Tuhan dan Rasul-Nya maka dogma telah memasuki pikiran saya atau kita. itulah yang dinamakan keyakinan dan tidak ada yang salah ketika siapapun menganggap agamanya lebih benar. yang penting adalah menghormati masing-masing keyakinan dan dogma. toh dalam setiap agama terdapat mekanisme menghormati agama lain selama agama lain tidak mengganggu agama lainnya. Islam saya kira mengedepankan taaruf dan silaturahim dan itu dicontohkan oleh Muhammad yang saya akui sebagai Rasul saya. mari berdiskusi dengan hati lapang dengan tetap mengakui keyakinan masing-masing.

  18. Hanya sekedar memberi tau… AGAMA DI INDONESIA Sekarang sudah ada 6… dan itu yang Diakui oleh pemerintah indonesia… Kristen, Katolik, Islam, Buddha, Hindu Dan Khonghucu…
    ini ada yg sudah di akui dan di syah kan oleh pemerintah indonesia…

  19. agama yg benar dn berasal dari Tuhan adalah agama yg mengajarkan kedamaian, dn kerukunan dgn ssama manusia…jika agama mengajak umatnya untuk menghancurkan agama lain, mendiskriminasi, bahkan memperbolehkan memusnahkan atau membunuh umat lain, tidak lain dan tidak bukan itu adalah agama setan…atau agama palsu…

  20. apapun agama yg paling bnk di anut manusia itu bkn masalah yg penting kita sesama manusia baik muslim maupun nonMuslim dpt hidup saling b’dampingan dgn damai n tentram jgn ada p’musuhan di antara kita krn sesama manusia adalah saudara…….

  21. Salam…
    Saya cuma mengingatkan saudara2 kaum muslim tentang firman Allah SWT :”…..innaddiina ‘indallahil islam” (sesungguhnya agama disisi Allah adalah Islam).Jadi,jangan sampai kita terjerumus dengan meyakini bahwa semua agama itu benar.wassalam

    • kalau ada yang mengatakan semua agama itu benar itulah orang orang yang tidak berilmu…jadi cari lah ilmu dulu baru lah kalian berkata kata tentang kebenaran agama…(sesungguh nya agama yang allah ridhai hanyalah islam)

  22. perbadingan jumlah pemeluk agama bukanlah kebanggaan atau hal yang perlu dibangga-banggakan, yang pada akhirnya menjadi kesombongan rohani atau merasa paling benar karena merasa lebih banyak penganutnya. Agama bukanlah teori statistik yang dapat dihitung dengan angka-angka. Adapula yang mengklaim bahwa agamanya adalah agama manusia dari jaman dulu bahkan sebelum Nabinya ada. Untuk apa semua ini apakah untuk saling menjelekkan atau mencari kesalahan dari agama lain yang bukan agamanya. Apakah agama akan menjadi penghancur manusia dan bumi ini dimasa depan karena saling memaksakan kehendak. Kita tau untuk suatu keyakinan seseorang rela mati dari latar belakang agama manapun, karena mereka yakini akan masuk Syurga atau mati syahid. Terus kalau sudah begini bagaimana. Sebagai orang beriman kita yakin Tuhan Allah yang akan menghukum jika sesorang salah bukan kita manusia yang main hakim sendiri terhadap mahluk CiptaanNya yang paling mulia (bagaimana kalau kita menciptakan sesuatu tapi jelek, kemudian datang orang karena jelek dihancurkannya ita marah tidak kepada orang tersebut. Mari selagi masih hidup dari latar belakang agama apapun yakinilah agamamu itu alam dan seluruh isinya menjadi, melalui sentuhan tangan-tangan manusia berkarya , meninggalkan hasil nyata sebagai musafir di dunia ini yang nantinya setelah kembali ke Rumah yang Abadi penuh kebahagiaan (syurga) akan menjadi cerita atau prestasi yang terukir dan menjadi buah bibir besama sama semua CiptaanNya berkumpul di Syurga. Dan jangan sombong dengan apa yang telah kita buat karena Hak Penciptalah yang menentukan masuk Syurga atau tidak, dan tidak ada hak kita untuk protes meskipun kita yakin sudah berbuat baik dan memilih agama yang benar menurut kita, kita hanya bisa pasrah kepada Nya.. Amin.

  23. Perbadingan jumlah pemeluk agama bukanlah kebanggaan atau hal yang perlu dibangga-banggakan, yang pada akhirnya menjadi kesombongan rohani atau merasa paling benar karena merasa lebih banyak penganutnya. Agama bukanlah teori statistik yang dapat dihitung dengan angka-angka. Adapula yang mengklaim bahwa agamanya adalah agama manusia dari jaman dulu bahkan sebelum Nabinya ada. Untuk apa semua ini apakah untuk saling menjelekkan atau mencari kesalahan dari agama lain yang bukan agamanya. Apakah agama akan menjadi penghancur manusia dan bumi ini dimasa depan karena saling memaksakan kehendak. Kita tau untuk suatu keyakinan seseorang rela mati dari latar belakang agama manapun, karena mereka yakini akan masuk Syurga atau mati syahid. Terus kalau sudah begini bagaimana jadinya dunia ini !?, Sebagai orang beriman kita yakin Tuhan Allah yang berhak menghukum jika seseorang salah bukan kita manusia yang main hakim sendiri terhadap mahluk CiptaanNya yang paling mulia (ilustrasi : bagaimana kalau kita menciptakan/membuat sesuatu meskipun jelek pasti kita katakan bagus, dan kalau ciptaan kita itu dihina orang atau bahkan dirusak orang lain, kita marah tidak kepada orang tersebut). Mari selagi masih hidup dari latar belakang agama apapun yakinilah agamamu itu dapat beruna bagi alam semesta dan seluruh isinya, didunia ini sebagai musafir manusia berkarya , meninggalkan hasil nyata yang nantinya setelah kembali ke asal di Rumah yang Abadi penuh kebahagiaan (syurga) akan menjadi cerita atau prestasi yang terukir dan menjadi buah bibir besama sama semua CiptaanNya berkumpul di Syurga. Dan jangan sombong dengan apa yang telah kita buat karena Hak Penciptalah yang menentukan masuk Syurga atau tidaknya sesorang, dan tidak ada hak kita untuk protes meskipun kita yakin sudah berbuat baik dan memilih agama yang benar menurut kita, kita hanya bisa pasrah kepada Nya.. Amin.

  24. Pendapat bahwa di dunia ada 2kelompok: 1. agama samawi (dari Tuhan), dan 2. agama ardhi (oleh manusia sendiri); menurut saya itu adalah klaim sepihak. Sama sekali belum ada bukti logis kalo agama2 gol 1 itu dari Tuhan. Yang ada hanya kita percaya agama kita dari Tuhan. Tapi saya sedih kenapa harus bilang ada agama ardhi? seolah kita lebih tinggi dari mereka. dan Perdebatan ini terus berlangsung hingga kini “agama x lebih hebat dari agama y”. Ujung2nya perang, pembantaian, bom, dst…Menurut saya agama2 memang mengarahkan supaya kita menjadi lebih baik , lebih terang, lebih damai, lebih suci, mengarahkan pada Tuhan. Sejarah agama2 (kalo mo obyektif) diwarnai masa gelapnya masing2, manusia dalam sejarah agama2 telah membuat agama menjadi tuhan…..mengalahkan Tuhan itu sendiri yang damai & suci, dan itu berlanjut hingga kini….Mudah2an kedepan manusia semakin memahami bahwa agama adalah jalan terang, damai dan suci menuju Tuhan. Saya optimis….manusia selalu mencari Tuhan…yang bersifat pribadi, nggak ada hubungannya dengan statistik.

    • tanggapan buat homo faber : anda benar bahwa manusia selalu mencari tuhan. Ada yang mencari tuhan dg bimbingan malaikat, ada yang mencarti tuhan dengan bimbingan iblis. Ingat……..sejak penciptaan pertama manusia ( Adam ) iblis sudah berikrar akan menyesatkan manusia hingga kiamat. Iblis tidak ingin terlempar keneraka sendiri, dia ingin mencari teman manusia sebanyak-banyaknya. Zaman sekarang mengajak manusia ke surga lebih sulit dari pada mengajak ke neraka. Karena itu tadi, iblis cukup berhasil menyesatkan pikiran manusia. menimbulkan rasa senang untuk berbuat maksiat dan rasa berat untuk beribadah.

  25. saya adalah orang kristiani, saya tidak pernah dibekali oleh rohaniawan mengenai agama kristiani itu paling banyak pemeluknya. Dan kita dibekali olehnya bahwa, semua keyakinan itu sama dan hanya beda jalannya, tetapi tujuan itu satu ke tuhan yang maha esa.

    • barang siapa yang menyatakan semua agama sama dengan tujuan yang sama untuk ke tuhan yang maha esa, maka pernyataan itu adalah sesat dan menyesatkan untuk melemahkan aqidah umat Islam dengan maksud mereka menjadi ragu terhadap agama yang dipeluknya.Sesungguhnya agama yang hak / syah disisi Allah hanyalah Islam.

      • Salam Untkmu SdrQ… kita memang beda soal keyakinan,, saya adalah seorang Kristen (Pengikut Kristus),,
        saya akui bahwa semua ajaran agama yg ada mengajarkan serta mengarahkan semua umatnya menuju kepada Tuhan yang diyakini oleh ada oleh mereka… namun dikesempatan ini, dalam kasih saya mau mengajak semua kita untuk tidak saling menjatuhkan antara kita,, agama saya yg lebih benar dari agama mereka atau sebaliknya… agama sekali2 tidak menyelematkan kita,, bahwa saya Kristen lalu saya akan masuk surga,, atau saya islam jadi agama saya adalah yang benar agama dari Allah, semua sia-sia kalau tidak ada kasih di anantara kita …

  26. salam untuk saudara2 ku di dunia terutama yang beriman yang mempercayai adanya yang ghaib termasuk adanya kehidupan setelah mati,,,
    Tuhan menciptakan manusia pada dasarnya manusia itu terlahir tidak tau apa apa
    namun Tuhan juga tidak dzalim dengan menciptakan manusia di bumi dengan ditinggalkan begitu saja sehingga Tuhan memberi manusia bekal berupa HATI dan AKAL
    Tuhan menurunkan petunjuk melalui utusan2-Nya ke arah jalan yang benar kepada manusia setiap agama mempunyai ajaran atau kitab,, dan kitab/buku apa pun yang mengaku dari Tuhan harus teruji oleh waktu, apa petunjuk untuk masa lalu saja, orang tertentu saja Atau hingga akhir jaman
    Tuhan pun tidak hanya memberi petunjuk berupa Ajaran/Kitab, (yang nota bene petunjuk yang diterima manusia bisa berkurang kebenarannya atau bahkan keliru karena estafet kematian dan kelahiran manusia baru dan perubahan jaman)
    Tapi juga memberikan Petunjuk berupa Alam Semesta berikut isinya
    setiap ajaran/kitab agama bisa manusia itu sendiri analisa apakah ajaran/kitab agama itu SESUAI ATAU TIDAK SESUAI dengan ILMU PENGETAHUAN dan keadaan jaman?
    dengan demikian kita kembalikan saja pada diri masing2 untuk mengoreksi karena kita diberi (Hati) Rasa dan (Akal) Logika
    sehingga kita tidak perlu saling bermusuhan dengan agama lain

    maaf mohon koreksi kalau ada salah
    salam Indonesia bersatu dan Dunia yang indah & damai

    dni

  27. agama apapun adalah budaya, budaya apapun adalah peradaban dan terus akan berubah berkembang berakar bertunas beragam bergradasi dari yang moderat hingga sampai yang radikal, tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah, tidak ada yang baik tidak ada pula yang buruk, yang ada hanya sesuai atau tidak sesuai, cocok dan tidak cocok dan tidak akan pernah selesai (kecil tak tehingga, besar tak terhingga)

  28. banyak orang mengatakan bahwa ada manusia yang dapat menjamin keselamatan, dan mereka mengatakan itu hanya mengada-ada,,
    tetapi mereka tidak mengetahui bahwa manusia yang mereka katakan itu adalah 100% manusia dan 100% ALLAH,,
    itulah yang mereka tidak ketahui,,
    dan ini hanya sekedar penjelasan bukan untuk mencari perdebatan,,

  29. tolang buka islam expose / murtadin indonesia disana banyak yang bisa kita buaca dan kita tahu agama yang paling terlucu serta teridiot di alam iniiiiiiiiiiii ha ha ha ha ha ha ha

  30. jadi sebenarnya islamlah yang akan selamat, islamlah yang laju populasinya paling cepat, banyak muallaf yang berbondong-bondong masuk islam, ya karena islam agama Allah (samawi)

    • islam selamanya…… kebenaran yg diperdebatkan psti akn segra terungkp ktka qt d alam kubr kelk sebgai gerbng hidup keabadian… jka da yg ingn cpt mliht kebenran silhkn mencoba…memasuki alm barza psti smuanya kn trungkap!! selmt mncoba..

    • pada akhirnya kita semua manusia itu sama tak ad bedanya di mata sang pencipta..yang membedakan adlh kelakuannya di dunia ini. walaupun seorang manusia itu pemeluk agama yg taat n fanatik tapi klo kelakuannya tdk baik tetap saja sang pencipta akan menolaknya di surga nanti..dan walaupun seorang manusia itu pada masa hidupnya tidaklah mengenal atau menganut agama2 yg di sebut diatas kalau perbuatannya baik dan tidak melakukan hal2 yg tdk baik.menurut ku pribadi sang pencipta tidak akan melemparnya ke neraka.. jadi kesimpulannya agama ga usa di diributkan apalagi sampai tjd perang atas nama agama..lebih baik kita berkelakuan yg baik thp diri kita dan sesama serta tdk mengingkari adanya sang pencipta..

  31. mereka yang tinggal di rumah kaca, jangan suka melempar batu….
    kalau telinga masih tipis,lidah jangan dipertajam….
    mulutmu harimaumu…..
    karena mulut raga binasa….

    menurut saya agama yang benar adalah agama yang mengajarkan kebenaran…..
    bukan berdasar atas dogma-dogma semata…..

    walaupun 1000 wedha mengatakan api itu dingin jangan dipercaya….
    dapatkah anda pahami itu…kawan…..

  32. mereka yang tinggal di rumah kaca, jangan suka melempar batu….
    kalau telinga masih tipis,lidah jangan dipertajam….
    mulutmu harimaumu…..
    karena mulut raga binasa….

    menurut saya agama yang benar adalah agama yang mengajarkan kebenaran…..
    bukan berdasar atas dogma-dogma semata…..

    walaupun 1000 Veda mengatakan api itu dingin jangan dipercaya….
    dapatkah anda pahami itu…kawan…..

  33. Salman…
    Biarlah agama salma aja yang benar. Dan yg lain tidak.
    Habis sih agama salman takabur sudah merasa paling benar. Buktinya mulutnya selalu di bolak balik.
    Katanya islam da ad dari nabi adam hanya kitab2nya saja yg beda. Menurut saya itu pendapat org yg gak pernah berfikir, sama dengan udang.
    Zabur,Injil, weda kayaknya gak mengenal Islam de…! Renungkan dulu ya pak salman..!

    • Maaf ya mas, saya sebagai orang islam merasa malu dengan kata kata pak salman.
      Yaaa sebagai umat beragama seharusnya kita melaksanakan ajaran masing masing dengan baik.
      Setiap orang pasti mengatakan agamanya benar, karna sudah dari dasar sifat manusia adalah begitu.
      Merasa semua yg dilakukannya itu benar.
      Tuhan itu menciptakan dunia dengan dua unsur yaitu salah dan benar dan biasanya mereka menyebutnya keseimbangan.
      Termasuk agama, ada yg benar ada yg salah (menurut pandangan tuhan bukan pandangan saya) karna semua kembali pada keseimbangan.
      Mungkin juga agama islama yg saya anut dan saya percayai ini adalah salah. Dan saya diciptakan dan ditakdirkan untuk menganutnya.
      Siapa yg tau? Karna tuhanlah yg menghakimi agama.
      Karna unsur dari semuanya adalah keseimbangan. Kecuali tuhan.

  34. di dunia ini tidak ada agama yang menyatakan agamanya salah.hanya yang di ataslah yang dapat melihat siapa yang benar dan siapakah yang salah. . . . . .

  35. oke semunya yang penting agama yang paling benar adalah agama yang ingin melindungi penganutnya bukan yang ingin merusak penganutnya kan jadi jangan ikut agama yang mengajarkan untuk menyiksa diri ya

  36. coba pelajari agama kalian deh apakah di agama kalian ada yang merusak atau jelek buat kesehatan atau yang lain. yang pasti di islam sih semua yang di ajarin baik. tetapi ingat jangan melihat dari contoh-contoh islam yang keras dan tidak menghargai toleransi ya .yang harus dilihat adalah islam yang sebenarnya yang cinta damai sama seperti saat kita mengucapkan salam yang inti nya adalah mendoakan keselamatan orang lain. sungguh indahkan islam itu.

    • sebenarnya gmana ,, sekarang yang asli khan di awal dulu bagaimana penyebaranya apakah dengan damai atau prang,,, Andai tuhan mau manusia jadi Islam Tuhan akan membuatnya karena Tuhan maha kuasa ,,, gak perlu manusia samapi perang dan mulut berbusa untuk menyebarkanya ,,, manusia akan terketuk untuk memilih agama ,, yng memng memiliki keinsyafan diri ke dalam dan keluar yang sama mengerti tentang Tuhan adalah mengerti tentang sang diri

  37. ternyata banyak juga ya….agama di dunia……..,tapi yang penting saling jaga aja deh….menurut aku……,dan juga saling menghargai dan menghormati..ok…
    supaya gak da komplik……..bosen…….sal lihat tv,beritanya komplik mulu………

  38. tidak ad yg perlu di permasalahkan,!,!,!
    di dalam al Qur’an (kitab suci umat islam) ad ayat yg berbunyi “Lakum Diinukum Waliyaaddin )
    artinya “untukmu agamamu, dan untukku agamaku”.. jd jelas kan,, kita tak perlu memperselisihkan hal begitu, mendingan kita beribadah sesuai keyakinan masing masing,
    karna setiap agama jg percaya bahwa tuhan itu akan menentukan nasib setiap orang kelak,,

    #mari kita beribadah sesuai agama masing masng,, ga perlu menyalhkn agma laen,,,,,… OK !!

  39. semua agama produk tuhan ,diberkahkan ke pemikiran -pemikiran terpilih untuk menjaga ketertiban hidup di muka bumi,dan tiap produk yang diterbitkanya adalah penyempurnaan-penyempurnaan dari produk sebelumnya karena itulah proses menuju kesempurnaan.manusia harus belajar tahap demi tahap untuk mengenal tidak bisa sekaligus memahami.

  40. Agama beasal dari bahasa sansakerta, A artinya tdak, Gama artinya kacau, artinya Agama membuat orang rukun,santun, ramah, toleran, damai dan lain sebagainya yang sifatnya keluar, sementara A artinya jalan, Gam artinya awal, A artinya ahir, bahwa Agama adalah jalan keselamatan yang diawali di muka bumi ini menuju ahirat sifatnya pribadi ini wilayah syariat sifatnya kedalam, otokritik, inrospeksi, eling waspodo, mawas diri, mengujungi diri setiap waktu, sehingga menghasilkan kesolehan pribadi menuju kesolehan sosial,disinilah letaknya agama itu sebagai rahmat seluruh alam. Terkadang org berbicara agama campur berbicara sya’riat, agama aturan universal, sya’riat tata cara mendekatkan diri pada Allah. diskusi toleran masuk cerita agama, jgn bawah maslah sya’riat tidak akan ketemu samapai hari kiamat. Sebagai contoh Islam Allah itu tunggal (esa), Nasrani (tri tunggal) sampai kapanpun tdk pernah ketemu, bicara tauhid ke dalam org Islam tetap yakin Allah itu tunggal, Nasrani yakin dgn tri tunggalnya, saran sy jangan saling menyalahkan yang penting rukun, semoga!

  41. tetep aj agama kristen yang paling banyak pengikutnya…paling kaya…paling subur tanahnya….tandanya……..diberkati Tuhannya….

  42. meja itu yg mbuat siapa??
    meja itu d buat oleh tukang kayu,dari dulu smpai skrng meja namanya tetap meja,tidak mungkin meja berubah jd tukang kayu,begitu juga sebaliknya,tidak mungkin tukang kayu jadi meja.Hal ini sama dengan agama.

    seorang kopral itu yang melantik naik jabatan siapa?
    jwbnnya jabatan yg lebih tinggi,tidak mungkin kopral bisa melantik temennya seorang kopral meskipun ada 99 temannya kopral.
    bagaimana bisa manusia melantik sesama manusia untuk menjadikan manusia itu tuhan????

  43. Kayu di bentuk oleh pikiran dibuat patung, patung di bentuk disebut Arca dibentuk untuk pemusatan pikiran,imaginasi, pikiran seperti ular lari kesana kemari..itulah cara pemusatan pikiran !! kalau pikiran kemana2 ke tujuanpun tersesat.

  44. ribut melulu, seperti yang udah pernah lihat surga aja, kalau agama mejadikan manusia terpecah belah, perang dll, sungguh ironi yang dibanggakan.

  45. jika agama yang menimbulkan penderitaan bagi manusia melalui peperangan, kebencian, iri hati, pemusnahan, dan sebagainya, bknnya agama itu sendiri adalah iblis bagi orang tersebut. Seperti mara yang terselubung

  46. Sungguh menarik sekali diskusi di postingan Agama-agama Dunia ini… Semua sudut pandang melakukan argumentasi atas agamanya dan bahkan agama lain… Sejak 8 Januari 2008 hingga per saya tulis komentar ini, 27 Oktober 2012, HAMPIR 4 TAHUN DISKUSI, dan keliatannya memang belum selesai-selesai atau belum terdapat kesimpulan yang mengerucut pada satu titik. Tetapi bahkan terjadi banyak cabang-cabang diskusi yang sungguh luar biasa. Sudah terdapat 94 (sembilan puluh empat) komentar dari bermacam pihak (saya sendiri tidak lebih dari 10 komentar), dan lebih dari 10 cabang diskusi terbentuk di sini. Terima kasih kepada bapak-ibu-saudara yang ikut partisipasi dalam diskusi postingan ini. Saya tidak akan berusaha membatasi komentar bapak-ibu-saudara, tetap semangat.

  47. Ping-balik: KOMENTAR 4 TAHUN ATAS POST AGAMA-AGAMA DUNIA | TAZKIYAH PERADABAN

  48. Semua Agama Baik, tergantung pada individu yang menganut agama dan kepercayaannya apakah bisa di pertanggung jawabkan dengan tidak saling iri, dengki, mengejek, bahkan menghina agama lain. ketahuilah setiap orang mempunyai paradigma masing2 tentang hidup dan keyakinanya, maka kita sebagai makhluk sosial hendaknya saling menghormati dan hidup selaras dengan damai.

  49. Kayaknya asik neh ikutan nimbrung… :D

    Mungkin ada kalanya untuk membuat forum diskusi (sharing pengetahuan tanpa adanya pencelaan) lintas agama. Bukan untuk ajang menang sendiri akan tetapi lebih daripada untuk bertukar pengetahuan dan pendapat guna menunjukkan bukti-bukti kebenaran yang dianut selama ini seperti kitab suci yang banyak mengklaim kebenarannya masing-masing. Tentu semua itu akan dikembalikan kembali kepada audience, tidak ada pemaksaan, tidak ada ‘kudeta’, hanya sebatas berdiskusi saja. Karena jelas sekali bahwa hidup di dunia bukan hanya sekedar muncul begitu saja pasti ada yang menciptakan & mengatur. Dan dibalik semua campur marut yang ada dan dianggap ‘benar’ ini pasti ada |The One,1,SATU| kebenaran yang hakiki, kebenaran yang sesungguhnya.
    Kalau saya logikan sederhananya:
    Manusia itu diberi kebebasan untuk memilih, tinggal bagaimana manusia itu sendiri dalam ‘menahkodai kapalnya’/dirinya. Jika kebanyakan atau lebih besar nafsu daripada akal maka akan jelas akalnya akan dikuasai nafsu dan tersesat menuju jalan-Nya. Nafsu>Akal=Tersesat.
    Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang menyinggung.
    Salam. :)

    • usulannya menarik… memang perlu dirancang untuk bertemu muka langsung diadakan diskusi yang sehat dan tidak saling mencela dan memojokkan satu agama melalui perspektif agama lainnya. saling memahami dan saling berdiskusi untuk mendapatkan informasi dan pemaknaan dari sudut yang berbeda. Bagaimana?

      • Kalau bertemu muka langsung kemungkinannya sangat kecil sekali Pak. Terkait domisili, privasi personal dll. Ya mungkin bisa dibuatkan kolom diskusi, debat, tanya jawab atau yang lainnya. Dan lebih intens soalnya bisa tersampaikan dengan lengkap terkait dengan apa yang ingin disampaikan tanpa dipotong/terpotong serta bisa dibaca dengan berulang-ulang+jelas.

  50. Ping-balik: AGAMA-AGAMA DUNIA 2009 | TAZKIYAH PERADABAN

  51. Memang pada umumnya kita tidak boleh mencela, menghujat dan lain sebagainya terhadap agama yang lain. Namun, secara tidak langsung seorang yang mukmin mempunyai tanggungjawab moral untuk memberikan peringatan, petunjuk, meluruskan dari yang salah/bengkok menuju ke yang benar/lurus tanpa menggunakan kata2 celaan. Tidak bersifat memaksakan/’kudeta’ untuk mau masuk ke dalam agama itu sendiri namun lebih bersifat memberikan nasehat, peringatan. Final anwers, kembali pada diri manusia itu sendiri. Sekali lagi, keputusan terakhir ada pada diri manusia sendiri, kalaupun tidak mendengarkan ya tidak apa2 toh kita sudah pernah mengingatkannya selama hidup di dunia ini. Takutnya nanti ketika di yaumul akhir dan penghisaban amal2 manusia, ada manusia yang bilang “kenapa dulu kau tidak memberitahu aku…”
    Dan semua itu bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan berdiskusi di blog semacam ini.
    Dakwah Ada Tahapannya, Mulai Yang Skala Kecil-Besar:
    (1) “Dan berilah peringatan kepada keluarga dan karib kerabat dekatmu” (Asy Syu’ara: 214)
    (2) “agar engkau memberi peringatan kepada penduduk kota dan sekitarnya” (Asy-Syuraa: 7)
    (3) “agar engkau memberi peringatan kepada kaum yang belum datang kepada mereka pembawa peringatan” (al Qashash: 46)
    (4) “Sebagai pemberi peringatan bagi semesta alam” (al Furqon: 1)

    Sumber: Dr Sa’ad bin Mathar al Utaibi, Doktor dalam bidang Politik Islam, dosen politik Islam di Universitas al Qadha.

    Wallahu’alam bisshowab…
    Salam.

  52. Pada intinya apa yang kita anut dan percaya ya kita jalankan, tidak usah memojokan atau memperkeruh suasana umat beragama. agama semua baik mungkin hanya manusia manusianya saja yang membikin jadi seperti ini. so . salam damai untuk umat beragama

    ” kedamaian dan ketetraman lebih indah “

  53. hadehhhh

    saya adalah penganut agama islam
    saling menhormati sesama agama merupakan salh satu semboyan perdamaian
    tapi di sini tdk ada sama sekali yg berdamai :P

    ok saya akan bantu nabi tercintaku Muhammad Saw

    for umat kristen : dari berbagai kitab dan penelitian ataupun apalh yesus tidak pernah mengatakan sembahlah saya :d apakah itu yang di sebut dengan tuhan yesus adalh nabi allah yang di penuhi mukjizat

    for budha n hindu : So di berbagai kitab2x sudah terbukti ( mungkin klian belum tahu ) bahwa ajaran yang lebih kuat adalh islam so klu mau nyembah sapi jangan di sembelih donnk :D so jgn di makan

  54. klo menurut aku ya agama yang paling bener tu islam dan agama islam kan agama yang menjadi penyampurna agama lain trus kan klo dulu sih memang ada kristen budha hindu ataupun banyak agama lain selain islam kan berarti semua ajaran baik dari mereka itu uadah ada pada agama islam kan

  55. Salam dan Damai untuk semua Penganut Agama.
    Semua Agama pasti ada tertulis :
    “Barangsiapa yang tidak mengenal Aku maka tidak beroleh selamat”
    Semua Agama pasti ada tertulis :
    “Imanmulah yang menyelamatkan Engkau”
    Semua Agama pasti ada tertulis :
    “Takut dan percaya Akan Tuhan adalah kunci Keselamatan”
    “Aku” diartikan sebagai Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. yang memberikan aturan untuk kita percaya, taati dan jalani dalam bentuk Agama karena dalam semua Agama sudah tertulis semua aturan dasar untuk kita menjalani hidup supaya beroleh keselamatan.
    “Iman” percaya kita yang kita yakini adanya Tuhan Sang Pencipta dan mengatur Alam Semesta adalah “Agama”
    Jadi untuk semua manusia yang memiliki iman dan percaya akan adanya Sang Pencipta Alam Semesta dan mengikuti ajaranNya(Agama), maka pasti akan memperoleh Keselamatan..?!?!?!?!?!?!!!!!!!!

  56. Manusia diciptakan dengan akal pikiran untuk menjalani hidup sesuai aturan dari Agama masing-masing agar tercipta kehidupan yang damai dan sejahtera, kalau ada Agama yang mengajarkan bahkan menyuruh manusia berbuat dosa itu mah bukan Agama dari Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta melainkan Agama yang dibuat oleh suara setan/iblis agar manusia terjerumus dalam dosa.
    Urusan Dosa ada waktunya “Judgement Day” pasti ada dan tidak ada satu manusiapun yang tau kapan hari itu akan datang, karena urusan manusia cuma mentaati, menjalakan, menjaga, mengembangkan, mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan dan mentaati serta menjalankan sesuai dengan apa yang tertulis dan diajarkan di masing-masing Agama. Supaya waktu datang judgement day untuk kita, maka kita pasti akan beroleh yang namanya ” Keselamatan “

  57. Ping-balik: 5 (Lima) Tahun Posting Agama-agama Dunia | TAZKIYAH PERADABAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s