ARTIKEL


Berikut beberapa artikel saya yang sudah pernah dipublish, mulai dari:

1. Pendidikan akuntansi

2. Keuangan Islam

3. Akuntansi Syari’ah

4. Ekonomi Rakyat

ARTIKEL PENDIDIKAN AKUNTANSI:

  1. International Seminar Reinventing Paradigms of Social Studies in Indonesia, Yogyakarta, 11-13 Agustus 2006, FISE UNY-HISPISI. Judul Makalah: Pendidikan Akuntansi Berbasis Cinta, oleh Aji Dedi Mulawarman
  2. Merefleksi Domain Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Salatiga, 1 Desember 2006, FE Universitas Kristen Satya Wacana. Judul Makalah: Pensucian Pendidikan Akuntansi, oleh Aji Dedi Mulawarman
  3. First Accounting Session: Revolution of Accounting Education, Universitas Kristen Maranatha Bandung, 18-19 Januari 2007. Judul Makalah: Pensucian Pendidikan Akuntansi Episode Dua, oleh Aji Dedi Mulawarman

ARTIKEL KEUANGAN ISLAM:

  1. Seminar Sehari Perbankan Syari’ah yang diadakan Lembaga Riset Keuangan Syari’ah Universitas Cokroaminoto Jogjakarta, 28 Maret 2007. Judul Makalah: Keuangan Syari’ah: Antara Konsep, Perkembangan Terkini dan Prospek Ke Depan, oleh Aji Dedi Mulawarman
  2. Orasi Ilmiah Wisuda Universitas Cokroaminoto Jogjakarta 12 September 2007. Judul Makalah: Ekonomi Islam Dalam Bingkai Pemikiran HOS Tjokroaminoto, oleh Aji Dedi Mulawarman

ARTIKEL AKUNTANSI SYARI’AH:

  1. Simposium Nasional Akuntansi X tanggal 26-28 Juli 2007 di Makassar. Judul Makalah: Menggagas Laporan Arus Kas Syari’ah Berbasis Ma’isyah, oleh Aji Dedi Mulawarman
  2. The 1st Accounting Conference Universitas Indonesia. 7-9 Nopember 2007. Judul Makalah: Menggagas Neraca Syari’ah Berbasis Maal: Kontekstualisasi Kekayaan Altruistik Islami, oleh Aji Dedi Mulawarman. Mendapat Best Paper Awards. Diterbitkan di Jurnal Akuntansi Keuangan Indonesia (JAKI) FE-UI, Depok.
  3. Simposium Nasional Ekonomi Islam 3 Universitas Padjadjaran Bandung. 14-15 Nopember 2007. Judul Makalah: Menggagas Laporan Keuangan Syari’ah Berbasis Trilogi Ma’isyah-Rizq-Maal, oleh Aji Dedi Mulawarman
  4. Simposium Nasional Akuntansi IX tanggal 23-26 Agustus tahun 2006 di Padang. Judul Makalah: Rekonstruksi Teknologi Integralistik Akuntansi Syari’ah: Shari’ate Value Added Statement (ditulis bersama Aji Dedi Mulawarman, Iwan Triyuwono, Unti Ludigdo); Pemakalah Terbaik (Best Paper) dan diterbitkan di Jurnal Akuntansi Keuangan Indonesia (JAKI) FE-UI, Depok
  5. Seminar Akuntansi Syari’ah Universitas Negeri Yogyakarta, tanggal 6 Nopember 2007. Judul Makalah: Teori Akuntansi Syari’ah Pro Lokalitas. oleh Aji Dedi Mulawarman
  6. Seminar Akuntansi Syari’ah Universitas Negeri Malang, tanggal 24 Nopember 2007. Judul Makalah: Menggagas Teori Akuntansi Syari’ah, oleh: Aji Dedi Mulawarman.

ARTIKEL EKONOMI RAKYAT:

  1. Seminar Regional Telaah Kritis RUU UMKM Puskopsyah BMT Wonosobo. Tanggal 28 Agustus 2007. Judul Makalah: Melampaui Pilihan Keberpihakan Pada UKM atau Ekonomi Rakyat? oleh Aji Dedi Mulawarman.
  2. Diskusi Ilmiah Lintas Disiplin Ilmu Kantor Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Universitas Negeri Malang. Tanggal 10 Desember 2007. Judul Makalah: Mengembangkan Kompetensi Inti dan Konsep Bisnis Koperasi, Digali Dari Realitas Masyarakat Indonesia. oleh Aji Dedi Mulawarman

34 thoughts on “ARTIKEL

  1. aslm, butuh saran2 nih
    saya sedang menyusun skripsi tentang aksya
    salah satu referensi saya buku menyibak akunttansi syariah
    pokok bahasannya memang akan menjurus ke VAS/SVAS
    ada saran?
    kalo bisa juga minta referensi literatur2
    karena skipsi saya studi literatur

  2. studi yang bagus. rencana skripsi SVAS mengenai apanya? mohon lebih spesifik. sedangkan referensi literatur2 bisa dilihat di daftar pustaka buku saya. kalau ada pertanyaan lebih lanjut silakan kontak saja…
    wassalam

  3. pak, saya mau minta tolong, saya dapat tugas dari kampus, disuruh membuat artikel tentang akuntansi. akan tetapi saya tidak tau gambaran artikel itu seperti apa. saya mau minta tolong sama bapak untuk memberikan contoh artikel.

  4. mas saya sekarang permulaan bikin skripsi.berulangkali judul yang saya ajukan ditolak.saya minta saran dari mas dedi.jurusan saya pendidikan akuntansi

  5. ASS.MAS SAYA MAU MENGERJAKAN makalah teori akuntansi tapi saya bingung cari yang mudah dan berbobot agar presentasi saya lancar nih mas mintasaran dong mas?

  6. Asslm Mas Dedy yang saya hormati, saat ini saya sedang permulaan buat skripsi,jurusan saya pendidikan akuntansi,selama ini referensi2 yang ada bertema tentang, metode pembelajaran, efektivitas model pembelajaran, saya ingn tema yang lain dalam pembuatan penelitian pendidikan akuntansi, yang tidak berhubungan dengan tindakan kelas, barangkali mas Dedy punya beberapa referensi tentang penelitian pendidikan akuntansi, selain tentang metode/model pembelajaran akuntansi, saya butuh sekali beberapa referensi tersebut, mohon batuannya terimakasih. Wassalam

  7. assalamualaikum…
    mas dedi. saya sekarang sedang munyusun skripsi. sekripsi saya tentang nilai tambah syariah.
    mungkin mas dedi punya bahan tentang perbedaan laporan nilai tambah syariah dengan nilai tambah konvensional.
    dan saya juga perlu bahan mengenai analisis laporan keuangan syariah yang berhubungan dengan nilai tambah syariah…
    mohon bantuannya mas

  8. mas dedi, saya baru mau menyusun skripsi, rencananya tentang kaitan antara pendidikan dengan dunia kerja, tapi masih bingung nih, mas. ada saran ngga?

  9. mas saya lagi ngerjain skripsi yang saya angkat tentang strategi pemasaran rasulullah kajian etika bisnis dalam islam bisa dibantu nggak mas saya perlu 25 referensi lagi nih

  10. Saatnya masyarakat perlu didekatkan dengna lembaga keuangan syariah (LKS), dengan prinsip bagi hasil dan moralitas, salah satu cara meraih kita siapkan juga SDM yang murah, handal, dan gesit. Mohon doa restunya kami akan mendirikan SMK Muhammadiyah di perworejo, dengan jurusan Akuntansi (konsentrasi perbankan syariah) mudah2an ini yang pertama di Indonesia…. Mohon kedepan minta saran dan tambahan referensi pendidikan tersebut. amin…

  11. mas dedi, saya mau buat tugas tentang sistem informasi akuntansi syariah. dan rencananya tentang penerapannya di mesjid-mesjid. bisa tolong saya nggak???
    saya butuh artikel dan makalah tentang sistem informasi akuntansi syariah buat ngerjain tugas kuliah…

  12. saya rangga,saya sangat memerlukan bantuan anda,saya minta anda mengirimkan beberapa judul skrirsi terbaru mengenai perbankan,saya sangat butuh pertolongan anda secepaatnya

  13. saya hari, sangat memerlukan bantuan anda,saya minta anda mengirimkan beberapa judul skrirsi terbaru mengenai sistem” informasi akuntansi,saya sangat butuh pertolongan anda secepaatnya…
    tolong kirimkan ke…. hari_pml@yahoo.com

  14. ass…. mz,saya iik.amat sangat membutuhkan bantuan anda.saya minta tolong dikirimi beberapa artikel tentang dasar-dasar akuntansi syari’ah.saya sangat butuh banget pertolongan dari anda secepatnya…… dikirim aja d e_mail iik.ini alamatnya i2kbennington@yahoo.com

  15. mas, saya mendapat waktu kurang lebih 1 minggu, di hitung dari sekarang tinggal 4 hari lagi, untuk membuat makalah tentang penerapan etika bisnis islam di bidang pemasaran dan harus dilampirkan studi kasusnya. saya butuh bantuannya untuk memberi info tentang referensi buku yang sesuai dengan materi yang di maksud.jika berkenan, saya minta contohnya. sampai saat ini, saya hanya menemukan buku yang sudut pandangnya kapitalistik.jazakumullah.

  16. Assalamualaikum,wr,wb…saya narma.,udah semester akhir banget..karena tekad say,saya ga ingin mengecewakan orangtua saya mungkin karena kebodohan saya..saya amat sangat membutuhkan bantuan Dedi karena saya banyak sekali menemui kesulitan mengenai penulisan skripsi saya.yang sebenarnya saya kurang paham mengenai judul saya tentang”pengaruh partisispasi anggaran dan job relevant information terhadap informasi asimetris studi kasus badan layanan umum universitas mataram nusa tenggara barat.tapi mau gimana lagi ini yang diterima.padahal judul yang saya pahami ga diterima ma dosen pembimbing 1.saya mohon dengan segala kerendahan hatinya bapak dapat bersedia membantu saya.gimana sih kuesioner2 mengenai judul saya saya ga ngerti ?maaf mas jadi curhat.habiznya ga tau narma harus mau gimana lagi.makasi sebelumnya.

    • ass. Mbak, jdul mbak skripsi mbak sama dengan saya.bisa ga mbak bantu saya, seperti referensi nya, coz saya sudah mengalami kesulitan dalam mencari referensi tentang judul itu mbak.
      terima kasih atas pengaertian mbak.
      wass.

  17. Ass..mas saya lagi nyusun skripsi tentang kajian penerapan akuntansi syariah pada perum pegadaian, mohon bantuannya untuk dicarikan artikel yg berhubungan dengan akuntansi syariah serta contoh laporan keuangan pada pegadaian syariah..kirim via email ke fiani81@yahoo.com. terima kasih..

  18. assalamu alaikum..
    pak, saya mahasiswi akuntansi semester akhir yang akan mengajukan judul skripsi namun saya masih bingung dengan judul apa yang sebaiknya saya gunakan yang sifatnya tidak terlalu memberatkan. saya berniat ingin membahas tentang perbankan syariah.mohon saran bapak. terima kasih.

  19. ass wr wb
    saya dedy, mahasiswa UNSYIAH yg lg nempuh skripsi mengenai akuntansi syari’ah
    mas, Boleh gak di share artikel artikelnya???
    soal’a literaturnya susah dapet, tlng ya bantuan’a dan klo berkenan tolong share jurnal’a k email saya ya mas.. dedy_rizki@yahoo.com
    trima kasih…

  20. assQum Pak,,, mohon bantuannya dong,,,
    saya mndpat tugas artikel tentang gimana akuntasi syariah diindonesia,,,
    gimana realita/kenyataan nya??
    apakah sudah sesuai dengan syariat islam ato blom???
    mohon kirim ke e_mail saya ya???
    makasi sebelumnya.

  21. assalamualaikum.

    mas, jika punya artikel sejarah perkembangan akuntansi islam di indonesia saya minta tolong di forward. semoga bisa menjadi bagian dalam membumikan syariah.

    wassalam

  22. assalamualaikum.

    mas, saya muhammad azhyr mahasiswa UNTAD Palu, sangat tertarik dengan akuntansi syariah, boleh kirim jurnal-jurnalnya ke email saya??? buat nambah referensi..
    terimakasih sebelumnya.

  23. asalamualaikum mas adji, saya sangat tertarik dengan artikel mas yang berjudul rekonstruksi teknologi integralistik akuntansi syariah, tapi saya belum mengerti bagaimana implementasinya. bisa dijelaskan gak mas? saya juga minta kirimi jurnal-jurnalnya ya mas… terima kasih sebelumnya…

Tinggalkan Balasan

