ITRC COMMUNITY


Alhamdulillah, kawan-kawan guru KB-TK-SD di lingkungan Masjidil ‘Ilm Bani Hayim (MIBH), lembaga pendidikan bertaraf Internasional di Singosari, Malang, Jawa Timur, hari ini, tepat tanggal 31 Desember 2007, membentuk komunitas penggiat information technology. Nama komunitas tersebut adalah ITRC Community (Information Technology Research Center Community). ITRC rencananya sih akan jadi internal-support pengembangan IT di lingkungan sekolah.

itrcedit1.jpg

Kebetulan memang MIBH telah menerapkan pendidikan berbasis IT. Bukan hanya pengenalan IT lewat laboratorium komputer. Bahkan mulai kelas 5 SD, masing-masing kelas (kelas 5a dan 5b) untuk setiap anak memiliki dan mengoperasikan 1 (satu) personal computer. Operating System yang digunakan adalah Linux berbasis Debian khusus pendidikan, yaitu Ubuntu Feisty Fawn 7.04. Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran di sekolah, digunakan pendekatan sistem CMS Moodle.

Sebagai tambahan informasi, KB-TK, SD Bani Hasyim (MIBH) telah menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau berbasis sekolah sendiri, dan diimplementasikan dalam bentuk buku pegangan murid hasil karya guru-guru Bani Hasyim. Memiliki mata pelajaran khusus yang berfungsi untuk mengintegrasikan tema dan masing-masing mata pelajaran sehingga anak dapat berpikir holistik (tidak parsial). Bahasa pengantar pendidikan menggunakan trilingual (bahasa arab, inggris, indonesia).

Kawan-kawan guru yang tergabung di ITRC Community hari ini juga telah mem-publish blog-nya masing-masing menggunakan WordPress. ITRC Community pinginnya ya menjadi tulang punggung keberhasilan pembelajaran berbasis IT di MIBH. Moga-moga berjalan lancar, dan bravo buat ITRC Community.

One thought on “ITRC COMMUNITY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s