MENGEMBANGKAN KONSEP BISNIS KOPERASI: Digali dari realitas masyarakat Indonesia


Oleh: Aji Dedi Mulawarman

 

Dipresentasikan pada Diskusi Panel Kajian Koperasi: Peluang dan Prospek Masa Depan. Diselenggarakan oleh Kementrian Negara Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah bekerjasama dengan Universitas Negeri Malang. 10 Desember 2007.


ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan kompetensi inti dan konsep bisnis koperasi sesuai realitas bisnis berkoperasi masyarakat Indonesia berbasis ekonomi rakyat.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif, yaitu Beyond Structuralism. Beyond Structuralism mensinergikan antropologi strukturalis sinkronis (kontekstual) dan postrukturalis diakronis (masa lalu). Metodologi dijalankan dengan metode Constructivist Structuralism-nya Pierre Bourdieu untuk mengetahui secara empiris (habitus, capital, field dan practice) aktivitas bisnis koperasi di Indonesia.

Tahap pertama, teoritisasi antropologis melalui sinergi antropologi sinkronis (realitas bisnis koperasi kontekstual) dan antropologi diakronis (realitas bisnis koperasi fase awal). Tahap kedua, melakukan sinergi keduanya untuk menemukan benang merah konsep kemandirian berbisnis koperasi secara empiris di lapangan Teoritisasi diperlukan untuk merumuskan Konsep Kemandirian Koperasi.

Hasilnya, konsep kemandirian, kompetensi inti kekeluargaan dan sinergi produktif-intermediasi-retail merupakan substansi pengembangan koperasi sesuai realitas masyarakat Indonesia yang unik. Meskipun perkembangannya saat ini banyak tereduksi intervensi kebijakan dan subordinasi usaha besar. Diperlukan kebijakan, regulasi, supporting movement, dan strategic positioning berkenaan menumbuhkan kembali konsep kemandirian, kompetensi inti kekeluargaan dan sinergi produktif-intermediasi-retail yang komprehensif.

Kata kunci: Koperasi ala Indonesia, kemandirian, kompetensi inti kekeluargaan, ekonomi rakyat, sinergi produktif-intermediasi-retail.

 

cooperatives will do the best when they are in their nature

Karena alasan kuota wordpress.com :D berhubung artikel hasil penelitian ini lumayan panjang, maka bagi yang menginginkan artikel lengkap (full text), silakan kirim komentar di sini disertai email anda lebih baik lagi bila bisa mengirimkan riwayat hidup singkat anda… saya akan segera mengirimkan full text artikel ini. terima kasih atas kerjasamanya. gratis kok… :D

Alternatif lainnya, mungkin bapak-ibu mohon bersabar…saya akan coba publish bersambung sekitar 10 terbitan… :) mohon maklum

wassalam…

Abstraksi

1. Pendahuluan 

2. Landasan Teori 

3. Metodologi Penelitian

4. Pembahasan

5. Simpulan

About these ads

36 gagasan untuk “MENGEMBANGKAN KONSEP BISNIS KOPERASI: Digali dari realitas masyarakat Indonesia

  1. assalamualaikum
    kang aji

    saya habib dari unair surabaya, kelihatannya artikel yang anda buat menarik, mohon dikirimkan fultext nya ya. thanks sebelumnya

  2. assalamualaikum

    nama saya rosyihan dan saya tertarik ma tulisan bapak. akan sangat menyenangkan jika bapak berkenan mengirimkan artikel full text di alamat email say
    terima kasih

    wassalamualaikum

  3. Nama : Edi Sukelsi
    Jenis kelamin : Laki-Laki
    Agama : Islam
    Alamat : Jl. Putri Hijau No.8
    Medan-20111
    Telp. : 081361686857

    Mahasiswa Semester III
    Sekolah Tinggi Ilmu Hukum
    Yayasan Pendidikan Graha Kirana
    Medan

    Saat ini saya sedang membantu seorang teman saya yang sedang membuat tesis yang mengulas masalah koperasi, sehingga kami sangat membutuhkan bahan-bahan/literatur-literatur mengenai perkoperasian.
    Mohon kiranya bapak berkenan mengirimkan full text di alamat email saya dan kalau bapak tidak keberatan juga untuk mengirimkan artikel-artikel atau bahan-bahan/literatur-literatur tentang perkoperasian.
    Kami sangat mengharapkan kerelaan bapak untuk dapat membantu kami dalam hal tersebut di atas.
    Terima kasih,

    Wassalamualaikum

  4. Asssalamualikum

    Mas, boleh ikut membaca secara lengkap hasil penelitian Mengembangkan konsep bisnis
    koperasi

    saya penasaran kenapa kopersi dilingkungan saya sulit berkembangan

    wasssalam
    supomo

  5. saya guru ekonomi akuntansi.. maetri koperasi kayaknya sulit untuk diberikan (cenderung diabaikan) tapi sebenarnya sangat bagus diterapkan dalam kegiatan ekonomi..untuk melawan globalisasi..bisakah saya minta fulltext-nya.terimaksih..maju bersama melawan kapitalisme baru dengan menggerkakkan koperasi

  6. Kang Aji,

    Saya sangat tertarik untuk mengembangkan dunia koperasi, terkait kemiskinan yang selalu menyertai pembangunan hutan di BUMN tempat kami bekerja. Telah banyak upaya yang dilakukan oleh Institusi ini, tetapi akar masalahnya pada kemiskinan tidak kunjung teratasi. Sementara yang punya rakyat, dalam hal ini pemerintah daerah juga puyeng ngurusi diri sendiri (pemerintah), bukan rakyatnya. setelah kami banyak membaca perkembangan koperasi di Bangladesh asuhan Kang Guru M Yusuf yang dapat nobel itu kami semakin yakni, haqul yakin, koperasilah jalan utama menyelamatkan hutan di Jawa yang padat penduduk ini, sekaligus mensejahterakan rakyat. Mudah-mudahan Tuhan memberkati.

    Baru pertama ini saya cari blog tentang koperasi.
    Akhirnya kami ketemu banyak orang yang peduli koperasi.
    Salam
    Heru Hartanto,
    Perum Perhutani
    Gedung Manggala Wana Bhakti, Senayan

  7. assallamualaikum,

    pak aji,
    aya dan rekan-rekan,baru beberapa bulan ini membentuk koperasi dalam kategori pertambangn rakyat.dalam hal ini saya sangat tertarik dengan makalah yang bapak kembangkan.
    intinya saya berharap bapak dapat mengirimakan
    artikekel bapak secara lengkap dan lugas,bagaimana dapat mengembangkn rencan kami yang sudah dipertengahan jalan,dalam konsep mengembangkan koperasi tersebut,wassalam.dari hendri

  8. Ass.
    Mas saya aktivis LSM dan kebetulan mendampingi beberapa KSM dan Koperasi di wil. DIY, mohon untuk dikirim full text artikelnya dan saya berharap ke depannya kita bisa bekerjasama dan saling tukar pengalaman..Trims

  9. asw..

    makasih ya pak tuk artikelnya, bagi saya sangat menarik, karna saat ini saya sedang mempelajari tetang perkoperasian
    klo boleh …
    tolong dikirim full text artikelnya.

  10. ass.wr.wb
    maaf sebelumnya saya mahasiswa s1 di universitas tadulako propinsi sulawesi tengah.
    dari abstrak mungkin saya masih bingung tentang hubungan tulisan anda dengan kajian ilmu saya yakni antropologi.
    sedangkan pada web anda tentang antropologi (yang berkaitan: aji dedi mulawarman, antropologi, antropologi ekonomi) saya tidak menemukan tentang antropologi itu sendiri. mungkin anda juga bisa dengan ikhlas untuk menjelaskan hubungan antropologi dengan dunia ekonomi terutama bidang bisnis (diluar konsep lama, bagaimana menukarkan emas dengan bahan makanan atau alat perang dengan permata. tidak lupa juga babi bagi orang papua menunjukan kekayaan)
    atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih

  11. Nama : Nurul Huda
    Jenis kelamin : Laki-Laki
    Agama : Islam
    Alamat : Jl. Kertorejo No. 2 Ketawanggede Malang
    Telp. : 08563555524

    Mahasiswa Semester VIII
    Jurusan Manajemen
    UIN Malang

    Saat ini saya sedang menjadi pengurus Koperasi Mahasiswa UIN Malang yang tentunya membutuhkan banyak pengetahuan tentang koperasi, sehingga saya sangat membutuhkan bahan-bahan/literatur-literatur mengenai perkoperasian.
    Mohon kiranya bapak berkenan mengirimkan full text di alamat email saya dan kalau bapak tidak keberatan juga untuk mengirimkan artikel-artikel atau bahan-bahan/literatur-literatur tentang perkoperasian.
    Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih

    Wassalamualaikum

  12. Pak Aji yang terhormat, begitu membaca artikel di atas saya jadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak aspek-aspek kewirausahaan yang perlu digali dari koperasi. yang saya temui bahwa sekarang ini koperasi tidak lagi disadari sebagai lembaga ekonomi kerakyatan sehingga tidak jarang diabaikan. untuk itu bila bapak berkenan, saya ingin memiliki artikel tersebut secara lengkap untuk bahan bacaan serta rujukan dalam upaya pengabdian kepada masyarakat

  13. Assalamu’alaikum
    Pak Aji yang terhormat, saya tertarik dengan artikel tersebut diatas mohon kiranya bapak Aji mengirimkan artikel dimaksud secara lengkap (fulltext). perkenalkan saya halima dari pangkalpinang.

  14. saya febri mulyani, 25 female in SMG. sekarang sedang menyelesaikan studi di pasca sarjana Ek. Pembangunan Undip. Mohon batuan kirim artikel MENGEMBANGKAN KONSEP BISNIS KOPERASI: Digali dari realitas masyarakat Indonesia Januari 20, 2008 tsb ya Pak. karena sy benar- benar sedang menulis tesis tentang perkoperasian. sebelumnya trimakasih atas bantuannya.

  15. Di banyak negara koperasi mampu menjadi soko guru perekonomian dan pengembangan ekonomi rakyat. Namun di indonesia yang konstitusinya mengamanatkan koperasi sebagai bangun usaha yang harus dikembangkan, koperasinya malah hancur lebur. Koperasi seringkali diplesetkan menjadi kuperasi.

    saya, istianto, ingin menimba ilmu tentang koperasi dari Anda. Mohon dapat dikirim artikel lengkap dari Anda.

    terima kasih..

  16. menurut saya dari dulu sampai sekarang koperasi indonesia tidak pernah berkembang dengan baik ,, koperasi indonesia hanya dijadikan alat untuk menghimpun dana masyarakat lalu memakannya sendiri …
    tidak ada hasil

  17. nama : Aji Saefullah
    tempat tgl lahir : Bandung, 28 November 1987
    alamat : Jl. Karasak Utara 2/2 no.12 bandung
    mahaiswa STIE EKUITAS semester3

    terima kasih atas artikelnya, sangat membantu saya dalam kuliah..
    mohon dengan sangat saya meminta fulltextnya karena saya sangat membutuhkan sekali untuk mempresentasikan artikel anda ini

  18. Saya saat ini sedang menyusun rencana pengemabangan koperasi kami, saya sangat menginginkan arttikel ini secara keseluruhan.

    Terima kasih sebelumnya dan semoga bermanfaat.

  19. Assalamualaikum..

    Bos, saya baru mengkaji mengenai sistem management dan akutansi koperasi. Tolong dikirim artikelnya ya..

    Terima kasih buanget….

  20. Bravo KOpma, sesama anggota koperasi kita perlu mewujutkan kenerja pemuda yang apresiasi demi terciptanya suasan kemudaan yang nasional yang bersuber daya interpreneur yang berusaha kreatif dan optimalisasi yang berwawasan luas.

  21. assalammualaikum wb.wr

    saya rudi … saya mahasisiwa universitas kutai mendapatkan tugas mencari artikel tentang koperasi ,,setelah saya membaca artikel anda saya tertarik,,( tolong kirimi artikel lengkapnya) saya ucapkan terima kasih atas bantuan bapak atas menyumbang artikel bagi dunia pendidikan. amin

  22. artikel bapak sangat menarik. kebetulan di dakat rumah saya berdiri koperasi yang sudah berumur kuranglebih 20 tahun tapi perkembangannya sepertinya monoton. setelah membaca artikel bapak walaupun sedikit sangat kurang bagi saya untuk mendalaminya. terima kasih saya ucapkan atas berkenan mengirimkan artikel fulltext bapak kepada saya. insya allah sebagai referensi bagi saya untuk dapat memberikan input kepada koperasi daerah saya.
    terima kasih. wassalam

  23. pak saya sangat membutuhkan artikel tersebut untuk keperluan tugas kuliah.maka dengan hormat saya mohon kepada bapak untuk berkenan mengirimnya kepada email saya..
    atas perhatianya saya ucapkan terima kasih

  24. Selamat sore, pak Aji. Salam kenal yah. Beberapa hari belakangan ini saya bertemu seorang teman dan kami banyuak mengobrol tentang koperasi, yang oleh Prof. Mubryarto dikatakan merupakan salah satu pilar pembangunan nasional disamping dua pilar yang lain, yaitu BUMN dan Swasta. Karena menjadi pilar pertumbuhan perekonomian nasional peranan koperasi bukanlah hal yang bain-main, institusi koperasi harus mengembangkan diri dengan baik, melalui manajemen yang baik dan memiliki kemampuan memainkan segala aspek perekonomian dengan baik pula. Namun kenyataan yang ada menunjukkan masih banyak kendala dalam kehidupan perekonomian kita dalam segala aspek. Mengetahui tulisan bapak dengan lengkap tentu akan membantu saya meningkatkan wawasan pada obrolan dengan teman saya tersebut, dan kami dapat menemukan banyak konklusi, yang siapa tahu dapat menjadi sumbang saran bagi pembicaraan mengenai pengembangan perkoperasian kita, yang siapa tahu bermanfaat bagi pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang lebih berkompeten. Kita semua sungguh menanti koperasi dapat menjadi alternatif peningkatan kesejahteraan kita semua, sebagaimana diamantkan oleh konstitusi kita. Terima kasih pak Aji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s