YOUTUBE NGADAT


Youtube tidak bisa diakses seharian (Selasa) kemarin. Hal ini sebenarnya sudah terjadi mulai minggu. Gara-gara kelakuan berbagai media Denmark yang gak punya kerjaan alias “nganggur” memuat lagi foto dan karikatur Rasulullah SAW. (Astaghfirullahal adzim). Seperti berita-berita yang berseliweran di Internet maupun di koran-koran, Pakistan memerintahkan semua penyedia jasa jaringan internet untuk memblokir situs YouTube karena ikut menyebarluaskan kartun-kartun ini dan material-material lainnya yang dianggap mendiskreditkan Islam.

Seorang pejabat pemerintah Pakistan yang tidak mau disebut jati dirinya pada kantor berita AFP, Minggu (24/2) mengatakan, perintah memblokir situs YouTube adalah keputusan komite antar kementerian Pakistan. YouTube dinilai telah memuat video-video dan dokumen-dokumen yang menghina kesucian agama Islam. “Situs itu akan tetap diblokir, sampai ada perintah lebih lanjut, ” kata pejabat tadi.

Pakistan Telecom katanya sih telah memblok alamat IP YouTube melalui sebuah pengumuman rute BGP (kemungkinan tidak disengaja, tetapi berakibat kepada semua lalu lintas ke YouTube di seluruh dunia untuk dibelokkan ke Pakistan). Berikut penjelasan Richard Stiennon:

Like I said in a recent post, the Internet is a series of tubes. Sometimes that helps route around malicious legislation and regulators, sometimes it causes big problems. Like today at 2 PM eastern when someone in Pakistan announced a more specific BGP route announcement for the block of IP addresses that YouTube uses. Routers default to the more specific route announcement. Now all YouTube traffic is being routed to Pakistan.

Dampak blokir situs Youtube oleh Pakistan, ya efek domino…youtube gak bisa diakses dimana-mana…mungkin ini pelajaran juga buat dunia internet yang menganut kebebasan atas segala hal. Terus kira-kira efek domino apalagi ya? hehehehe…

Berikut berita dari Antara.co.id dan Gatra.com

Berlin, 26 Pebruari 2008 08:04
Pakistan memblokir akses pada situs internet yang menyajikan rakaman-rekaman video, YouTube karena beberapa video yang beredar pada situs internet itu menghina Islam, demikian ungkap otoritas telekomunikasi Pakistan seperti dikutip dari
CNN, Selasa atau Senin waktu setempat. Pemerintah Pakistan juga meminta agar situs internet itu membuang video yang menghina tersebut, ungkap Juru bicara Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA), Nabiha Mehmood. Jika dibuang, kata Nabiha, pemerintah akan membuka akses warga Pakistan untuk menonton atau memasukkan rekaman video mereka dalam situs internet itu. Meski belum jelas rekaman video apa yang dianggap menghina Islam, seorang pejabat PTA yang menolak disebut namanya mengindikasikan bahwa rekaman itu berisi gambar-gambar kontroversial Nabi Muhammad SAW . Wahal us Siraj, salah satu pendiri Asosiasi Penyedia Layanan Internet Pakistan mengatakan, PTA telah mengirimkan sebuah koneksi ke video di situs internet itu yang dianggap meresahkan. Setelah dibuka, muncul pesan yang menyatakan “video telah dihapus karena adanya pelanggaran” Dalam pernyataannya, Senin, YouTube sama sekali tidak menyebut masalah pemblokiran akses itu. Namun mereka mengatakan, sebuah isu terkait dengan pemerintah Pakistan menyebabkan terputusnya akses situs internet ke seluruh dunia selama dua jam pada Minggu (24/2). “Akses ke YouTube teralihkan ke protokol yang salah dan banyak pelanggan tidak dapat mengakses website ini,” kata pernyataan tersebut. Mereka menambahkan, “Kami menemukan bahwa sumber insiden ini adalah sebuah jaringan di Pakistan. Kami sedang menyelidiki dan bekerja sama dengan masyarakat internet untuk mencegah hal ini terulang kembali”. Situs internet berusia tiga tahun itu meledak popularitasnya karena memungkinkan masyarakat biasa memasukkan rekaman video mereka secara online sehingga bisa ditonton orang lain. Namun, situs internet itu juga telah memaksa adanya upaya penertiban di beberapa negara di belahan dunia. Sebelumnya, otoritas di Brasil, Cina, Iran, Maroko, Myanmar, Suriah, dan Thailand, telah memblokir akses situs internet ini dalam beberapa tahun terakhir karena beberapa video yang ada dalam situs internet itu dianggap subversif (di Cina), tidak bermoral (di Iran), memalukan beberapa tokoh penting (di Brasil), atau mengkritik raja Bhumibol Adulyadej (di Thailand). Beberapa bulan lalu, YouTube menghapus beberapa video yang dimasukkan oleh seorang pembela hak azasi asal Mesir karena menunjukkan apa yang dianggapnya sebagai kekerasan polisi. Situs intenet itu terus berusaha memperbaiki reputasinya.Sementara itu, asosiasi wartawan “Reporters Without Borders” mengecam keputusan pemerintah Pakistan tersebut. “Seharusnya bukan keputusan mereka (PTA) untuk memerintah pemblokiran semacam ini,” kata asosiasi tersebut dalam pernyataannya. “Keputusan serupa seharusnya merupakan keputusan pengadilan, bukan lembaga yang berada di bawah kontrol pemerintah.”

One thought on “YOUTUBE NGADAT

  1. gak bisa gitu donkkkkkkkkkkkkkk…… khan orang buka youtube bukan hanya untuk nonton gituan…. khan gak adil buat yang lain…. block aja film itu????/////
    Kasihan khan orang yang mau akses youtube utk keperluan lain………..
    Gak ada kerjaan yahhhhhhhhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s