PERKEMBANGAN PENGGUNA INTERNET


Berikut ini ditampilkan pertumbuhan pengguna internet yang saya ambil dari http://www.newmedia.web.id/2008/07/pertumbuhan-pengguna-internet/

Artikel ini menarik banget…selamat buat newmedia.web.id karena sudah bikin data yang luar biasa bagusnya…sekaligus ijin quotation-nya. makasih banget

Pertumbuhan Pengguna Internet

Pada tabel berikut kita lihat betapa masif perkembangan internet yang pada tahun 1995 “baru” 16 juta orang menggunakan internet, dan pada tahun 2008 sudah lebih dari 1 miliar pengguna.

[sumber: http://www.internetworldstats.com/images/growth2007.png%5D

 

Penyebaran pengguna internet awalnya memang lebih banyak di tempat asalnya yaitu Amerika Serikat, namun pada diagram di bawah terlihat perkembangan pengguna internet juga berkembang di wilayah lainnya. Hal ini menunjukkan semakin tersebarnya teknologi internet ini.

Selanjutnya data di bawah menunjukkan tingkat penetrasi internet menurut wilayah. Dari tabel tersebut dapat diperkirakan peluang perkembangan internet terutama di wilayah yang penetrasinya masih sedikit [6]. Sebagai contoh, Asia yang perkembangannya begitu besar, hingga 346,6% selama tahun 2000 hingga 2007 tetapi penetrasinya masih 13,7%. Perkembangan infrastruktur yang pesat belakangan ini dan konvergensi teknologi yang memungkinkan semakin mudahnya mengakses internet melalui berbagai perangkat akan berpengaruh pada terus meningkatnya pertumbuhan pengguna internet.

Di Indonesia sendiri per tanggal 31 Desember 2007, pengguna internet berjumlah sekitar 20 juta, dengan pertumbuhan pengguna dari tahun 2000 hingga 2007 sekitar 900% dan penetrasinya baru 8.5% dari jumlah penduduk [1].

Pertumbuhan bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia juga bisa dilihat dari data Indikator Makro ICT Nasional oleh Departemen Komunikasi dan Informasi pada awal tahun ini yang salahsatunya menyebutkan pertumbuhan 51% pelanggan seluler [2]. Angka pertumbuhan pelanggan seluler ini cukup penting karena dengan adanya teknologi perangkat internet bergerak pada telepon seluler, para penggunanya mampu mengakses informasi melalui internet dimanapun dan kapanpun mereka mau sehingga mempercepat penetrasi internet.
Penetrasi perangkat bergerak (telepon seluler, personal digital assistant, komputer jinjing, dan semacamnya) di Indonesia cukup tinggi yaitu 39% sedangkan pengguna internet kecepatan tinggi melalui perangkat bergerak (mobile broadband internet) per akhir 2007 adalah 315.000 orang, merupakan yang tertinggi di ASEAN [3].

Data perkembangan infrastruktur dan teknologi komunikasi di atas menjanjikan pertumbuhan industri konten sebab tanpa aplikasi dan konten, internet seperti jalan besar yang sepi. Aplikasi yang dapat dijalankan di internet yang banyak dipakai misalnya surat elektronik (e-mail), chatting, halaman situs (world wide web), dan berbagi berkas. Semakin bertambahnya pengguna internet membutuhkan konten yang semakin banyak dan beragam. Penelitian ini pertama-tama akan memetakan konten internet, khususnya yang menggunakan aplikasi Web 2.0, yaitu aplikasi yang mengoptimalkan konten multimedia lengkap dengan interaktifitas untuk penggunanya.

referensi:

[1]   http://www.internetworldstats.com/stats3.htm [diakses 15 April 2008]

[2]   http://plinplan.com/internet/7164/2008/01/31/ict-indonesia-tumbuh-pesat [diakses 16 April 2008]

[3] http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/04/tgl/15/time/140933/idnews/923727/idkanal/328 [diakses 16 April 2008]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s