BUKU AKUNTANSI SYARIAH BARU


break news,

cover-buku-teori-akuntansi11

Insya Allah saya akan menerbitkan buku AKUNTANSI SYARIAH: Teori, Konsep dan Laporan Keuangan, terbitan E-Publishing Company Jakarta. Launching perdana Insya Allah tanggal 11 Pebruari 2009 pukul 10.00 – 13.00 WIB bertempat di Financial Club Jakarta, Multifunction Room, Gedung Graha Niaga, jalan Jendral Sudirman Kav. 58 Jakarta, bersamaan dengan pendirian lembaga think-thank ekonomi Islam, Center for  Islamic Studies in Finances, Economics and Development (CISFED) .

Buku berada di gerai-gerai Gramedia (Malang, Surabaya, Jogja, Solo, Semarang, Jakarta, Bandung, Bogor, Padang, Palembang, Medan, Makassar) per 12 Pebruari.

Buku kedua tersebut akan melengkapi gagasan-gagasan awal saya mengenai perlunya Akuntansi Islam atau Akuntansi Syariah yang memiliki Koeksistensi Universalitas Islam dan Keindonesiaan. Secara umum buku baru ini merupakan jawaban atas pertanyaan mendasar:

Apakah akuntansi Islam atau juga biasa disebut akuntansi syariah memang memiliki jiwa asalinya, memiliki jiwa universal sekaligus lokal?”

Universalitas berkenaan dengan akuntansi merupakan bangunan keilmuan yang diturunkan dari nilai nilai universal Islam. Sedangkan Lokalitas berkenaan dengan akuntansi sebagai ilmu tidak mungkin bebas nilai, lepas dari nilai-nilai budaya, religius, etis dan lokal.

Dalam buku tersebut akan diperlihatkan secara utuh bahwa aspek budaya, sosial, religius, etis, dan loikal sangat mempengaruhi bentuk dan “taste” akuntansi yang memiliki koeksistensi nilai universalitas Islam sekaligus nilai lokal khas Indonesia. Akuntansi syariah ber-“jiwa” universal sekaligus lokal tak dapat dipungkiri telah menjadi potret differensiasi atas akuntansi Barat yang selama ini selalu dan “sengaja” dipaksakan sebagai bebas nilai dan dapat digunakan dimanapun akuntansi diterapkan.

Buku Kedua Akuntansi Syariah ini akan memunculkan gagasan-gagasan baru. Gagasan tersebut mulai dari tujuan akuntansi syariah, konsep dasar teoritis akuntansi syariah, tujuan laporan keuangan akuntansi syariah, prinsip-prinsip dan karakter laporan keuangan syariah, sampai dengan bentuk laporan keuangan syariah yang saya sebut sebagai TRILOGI LAPORAN KEUANGAN SYARIAH.

wassalam

ajidedim@gmail.com

17 thoughts on “BUKU AKUNTANSI SYARIAH BARU

  1. […] Juni 5, 2008 AKUNTANSI SYARIAH: PENGANTAR (Bagian Dua) Posted by ajidedim under Akuntansi, akuntansi syariah | Tag: abd’ Allah, akuntansi syariah, bisnis, ekonomi, islam, islamic values, khalifatullah fil ardh, maqashid syariah, nilai-nilai Islam, organisasi, organisasi bisnis, pengantar akuntansi syariah, syariah, tujuan syariah |   Breaknews: Buku Akuntansi Syariah Baru […]

  2. Pak Insya Alloh saya akan cari nanti bukunya. Saya juga sedang tertarik mempelajari Akuntansi Syariah.

    Apakah ada perbedaan nilai-nilai akuntansi secara Islam dengan praktek-praktek AKuntansi Islam???

    Makasih…

  3. Selamat… Semoga jadi Barokah dan mendatangkan kebaikan bagi semua orang… Dan Semoga ini akan jadi trendsetter bagi semua orang yang punya kelebihan ilmu.. agar dapat mengembalikan semua pijakan ilmu yang ada hanya bersadarkan pada yang HAQ dan mau berbagi dengan banyak orang. Amin. Oya mas.. saya baru pindahan ke cahayamuslimah.com. Kalau sempat mampir ya… Jazakallahu

  4. alhamdulillah, saya penggagas Unit simpan Pinjam Syariah pada Koperasi Peternak Agribisnis Riung Gunung SUBANG, ( iNsya Allah cikal bakal koperasi susu terbesar se indonesia). sangat menanti kehadiran buku tersebut di gramedia. Kemarin jalan2 ke gramedia. habis, ga kebagian….kalo mas masih punya ready stokc. Via pos saya mau pesan..serius.
    022 60840545, 081220925700. Jazakallohu khoiron..katsiron

  5. selamat atas terbitnya buku Akuntansi Syariah karya Dr. Aji Dedi Mulawarman, insya Allah bermanfaat untuk kehidupan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s