PERAMPASAN ADALAH HAK: RUH LEGALISASI KORUPSI?


Korupsi adalah legal menurut Entitlement Theory-kah? 🙂 Kata Robert Nozick mengenai Keadilan Distribusi ala Liberal: Kalau Distribusi Sumber Daya dari Bekerja, Pemberian dan Waris habis, maka Perampasan adalah Hak yang patut diperjuangkan 😀

Bagi Nozick, dalam Entitlement Theory-nya, bahwa distribusi keadilan di masyarakat liberal, berdasarkan pada tiga prinsip utama, yang saling terkait dan tidak saling menegasikan. Berikut secara singkat penjelasan masing-masing prinsip:

Pertama, disebutnya Original Acquisition Principle, yaitu bahwa setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan hak distribusionalnya setelah melakukan produksi sumber daya ekonomi miliknya. Artinya, setiap orang di ruang sosial dapat melakukan kerja secara aktif dan dengan kerja itu hasil yang diperolehnya adalah bentuk dari distribusi keadilan ekonomi .

Kedua, berkenaan dengan Transfer Principle, yang menjadi hak atas kepemilikan setiap orang atas pemberian pihak lain maupun dari akibat pewarisan (inheritance). Apabila setiap orang yang bekerja maupun karena telah berusaha dan mengalami kegagalan dalam memperoleh hasil distribusionalnya, maka hadiah atau mendapat pembagian warisan adalah hak yang melekat pula pada setiap orang.

Nah, masalahnya, ketiga, yang disebut Rectification of Injustice Principle, bahwa apabila prinsip pertama dan kedua tidak dapat diperoleh oleh setiap orang berdasarkan keadilan hak atas sumber daya ekonomi yang harisnya melekat pada dirinya, maka perampasan menjadi benar adanya. Jadi, jelas mekanisme penjarahan, perampokaan, korupsi dan apapun yang bersifat tidak berhubungan dengan prinsip pertama dan kedua, diperbolehkan untuk memenuhi hak distribusionalnya.

Menjadi wajar bila Gordon Gekko sang maestro Wall Street menegaskan bahwa Serakah itu Baik, Greed is Good, karena Serakah/Greed adalah jiwa dari masyarakat paripurna itu sendiri:

“The point is, ladies and gentleman, that greed, for lack of a better word, is good. Greed is right, greed works. Greed clarifies, cuts through, and captures the essence of the evolutionary spirit. Greed, in all of its forms; greed for life, for money, for love, knowledge has marked the upward surge of mankind. And greed, you mark my words, will not only save Teldar Paper, but that other malfunctioning corporation called the USA. Thank you very much.”

Jadi lagi, gimana? 🙂 Apakah memang benar, korupsi sebagai bentuk perampasan itu merupakan mekanisme distribusional ekonomi yang diperbolehkan atau menjadi hak? Ya, apabila anda menerima teori itu sebagai sebuah kebenaran, apakah kita akan mengatakan bahwa liberalisme adalah kampiun ideologi yang boleh dipakai oleh negeri ini, maka jangan pernah marah bila KPK menjadi tak layak hidup di negeri tercinta kita? Maka pula, APBN maupun APBD, Pajak, dan apapun yang berkenaan milik negara yang menjadi hak rakyat adalah absurd? Karena itu, apakah berdasarkan Rectification of Injustice Principle, penjarahan atas dana negara diperbolehkan? Jadi lagi yang terakhir, bila anda setuju dengan Nozick, maka selamat datang Rectification of Injustice Principle di negeri tercinta.
NOZICK'S ENTITLEMENT THEORY

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s