PAGE BARU: TEKNOLOGI ISLAMI (ISLAMIC TECHNOLOGY)


Bapak-ibu-saudara sekalian kali ini saya membuat page baru, yaitu Teknologi Islami atau Islamic Technology. Pembahasan mengenai teknologi dalam perspektif Islam dan Filsafat sangat jarang ditemukan di dunia ilmu Indonesia, apalagi bila berkenaan dengan ekonomi bahkan akuntansi.

Teknologi biasanya hanya dipandang sebagai dampak atau implikasi atau konsekuensi logis dari perkembangan epistemologi dan ilmu. Teknologi hanya dipandang sebagai bagian dari teknik-aplikasi. Tetapi sebenarnya bila kita lihat lebih jauh setelah “abad modernisme” yang dipenuhi dengan semangat sekularisasi, maka perkembangan teknologi telah berjalan di luar kendali ilmu, di luar kendali filsafat. Hal itu kemudian memunculkan paradoks-paradoks teknologi yang berseberangan dengan aksiologi ilmu itu sendiri, bertentangan dengan niat baik awal teknologi dikembangkan…dan seterusnya…dan seterusnya…dan seterusnya…

Bila tertarik, silakan klik page Islamic Technology…dan…selamat berkelana di dunia tak nyata…

Kita adalah hati yang tertindas, kitalah langkah yang berhenti berjalan
Kitalah mimpi yang tak terwujudkan, senandungkan nada-nada yang indah
Kita memahami yang sesungguhnya, dan tak harus menjelaskan semua
Tanpa pedulikan kata mereka, kita berjalan melawan dunia
Hanya bisa bicara, mereka tak beri jawaban
Tak perlu dengar kata mereka, teruslah berjalan
Tak perlu dengar kata mereka, teruslah berjalan
(Melawan Dunia; Peterpan)

2 pemikiran pada “PAGE BARU: TEKNOLOGI ISLAMI (ISLAMIC TECHNOLOGY)

  1. saya pikir tidak perlu membedakan teknologi islam atau tidak. karena teknologi adalah budaya manusia yang bisa dimanfaatkan untuk apapun. untuk itu jika teknologi sudah dimanfaatan untuk islam berarti sudah bernilai islam.

Tinggalkan komentar